Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Tingkatkan SDM Kesejahteraan Sosial

Daftar Isi

Kolaborasi Mutlak Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

DIDATA NIAS | Selasa, 11 Juni 2024 merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Nias Utara. Di Aula Pendopo Nias Utara, dua kesepakatan besar telah ditandatangani, yakni Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Nias Utara dengan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung dan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara dengan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Kerja sama ini difokuskan pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di daerah tersebut.

Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Tingkatkan SDM Kesejahteraan Sosial

Motif di Balik Kerja Sama: Optimalisasi Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Motif kerja sama ini cukup jelas, yakni meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial di Kabupaten Nias Utara. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara, Elianus Harefa, kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kepentingan yang sangat mendesak.


Dalam pidatonya, Harefa mengungkapkan bahwa terdapat kekurangan jumlah pekerja sosial di daerah tersebut. Menurutnya, jumlah pekerja sosial di Pemerintah Kabupaten Nias Utara sangat terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.


Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa banyak aparatur yang melaksanakan tugas di bidang kesejahteraan sosial memiliki latar belakang pendidikan non-pekerja sosial atau non-kesejahteraan sosial. Dengan kondisi ini, maka kerjasama ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan SDM pelayanan kesejahteraan sosial yang profesional berbasis profesi.


Peluang Baru: Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Di sela-sela kegiatan penandatanganan nota kesepakatan, Poltekesos Bandung juga menyampaikan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Terapan dan Magister Terapan untuk Tahun Akademik 2024/2025.


"Dengan adanya nota kesepakatan ini, maka siswa/i berpotensi dan berprestasi dari Kabupaten Nias Utara diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi dan melanjutkan pendidikan di Poltekesos Bandung melalui jalur kerja sama," ujar Elianus.


Dengan berakhirnya kegiatan penandatanganan nota kesepakatan ini, diharapkan akan membuka lembaran baru bagi Kabupaten Nias Utara. Kerjasama ini bukan hanya sekedar memorandum, namun merupakan simbol dari sebuah kata sepakat untuk bekerja sama dalam meningkatkan SDM di bidang kesejahteraan sosial di wilayah tersebut. Di saat bersamaan, kerjasama ini juga membuka peluang baru bagi siswa/i berpotensi dan berprestasi di Kabupaten Nias Utara untuk meraih pendidikan yang berkualitas di Poltekesos Bandung. Kesepakatan ini membantu mewujudkan visi dari Kabupaten Nias Utara untuk mewujudkan pelayanan kesejahteraan sosial yang lebih baik dan profesional.

Posting Komentar